16 February, 2009

Olahraga Dalam Menjaga Kebugaran.

Masyrakat Indonesia ternyata sudah banyak yang memperhatikan kesehatan dengan berolahraga. Namum demikian, kesadaran ini juga membuat banyak orang yang melakukan secara berlebihan.
Artinya banyak orang yang berolahraga tapi masih merlupakan kebugaran yaitu, tanpa melakukan latihan olahraga. Program yang sangat membantu memelihara kesehatan dan kebugaran ini tetap mengingatkan bahwa olahraga adalah kontrak seumur hidup. Konsultasi melalui pesan singakt dan telepon saat program ini tersiar, dapat ditarik beberapa catatan khusus yaitu : kaki yang lemah sehabis stroke dianjurkan untuk melakukan latihan secar bertahap diawali dengan latihan pada kaki dalam posisi duduk dan berdiri untuk menguatkan otot paha belakang, samping, dan tengah.

Aliran darah tidak lancar mebuat napas tidak nyaman dan sakit kepala. Kondisi ini menandakan berkurangnya butiran darah merah. Dan hal ini dapat diatasi dengan meningkatkan sel darah merah dengan mengonsumsi makanan berzat besi yang terdapat di sayuran berwarna hijau tua seperti brokoli, bayam, kangkung ditambah susu, telur dan daging secukpnya.

Konsumsi vitamin dalma jangka panjang. Hal ini tidak akan ada efek samping bila mengikuti dosis yang dianjurkan jangan lupa untuk memperhatikan masa kadaluwarsanya.

Untuk penderita Asma.
Untuk penderita sama disarankan tetap melakukan olahraga. Untuk penderita asma yang memiliki kelebihan berat badan dengan latihan olahraga terlebih dahulu.

Untuk para wanita yang mengalami sakit pada dengkul kaki.
Dalam kondisi ini dianjurkan juga untuk mengawasi berat badan, karena wanita berusia di atas 40 biasanya mengalami pertumbuhan lemak yang berlebih. Berat badan berlebihan membuat beban bagi lutut. Lakukan latihan olahraga secara bertahap agar berat badan dapat turun secara perlahan tidak drastis.

Untuk yang ingin menurunkan berat badan.
Lakukan latihan olahraga jalan kaki selama 60 menit.
Latihan itu dapat dilakukan 3 sampai 4 kali dalam seminggu.
Dapat diselingi latihan beban.
Kurangi makanan berkarbohidrat seperti nasi, mie, roti.
Hindari gorengan.
Istirahat yang cukup.

Untuk mereka yang sudah berusia lanjut tetap harus punya waktu tidur malam, usahkan bisa tidur siang juga sehingga tidak gampang sakit, lakukan juga olahraga sesuai kebutuhan dan usia.

0 comments: